Nostalgia 5 Band Pop Punk Mainstream MTV di Tahun 2000-an

Early 00's Every Pop Punk Starter Pack

MTV atau Music Television punya tempat istimewa buat generasi milenial, khususnya buat yang lahir di tahun 80an akhir dan 90an awal. Kalau sekarang, di era serba digital ini, media yang mewadahi musik itu banyak banget, seperti Soundcloud, Joox, Spotify, Reverbnation, Bandcamp, Instagram dan masih banyak lainnya, dulu tidak demikian.

Di era 2000-an awal internet nggak secepat sekarang, so untuk media supaya musik lu bisa terkenalya cuman media elektronik, Radio dan TV. Nah tapi TV punya tempat khusus, karena disana MTV lahir dan waktu itu memiliki andil besar dalam menyebarkan virus pop punk. Band-band seperti Simple Plan, Sum 41, Green Day, Blink 182, mulai banyak dikenal setelah tersiar di MTV dan membuat mereka akhirnya menjadi band mainstream. Jadi dulu belum ada istilah viral. hehe. Mainstream vs Indie.

2004, itu gue duduk di bangku SMP. Layaknya remaja seusia, itu merupakan masa penuh gairah, lebih banyaknya pada gairah pembangkangan, rebel phase, teenage angst. Dan waktu itu juga band-band pop punk sering muncul di tv yang mana membuat gue merasa terwakili... (opo sih iki) wkwk.

Pokoknya gitu deh, maksud gue ada korelasi, antara masa remaja dan musik pop punk. Perasaan remaja yang cenderung merasa sendiri, tidak dimengerti oleh orang tua, teman, pacar itu terwakili banget sama lirik-lirik dan musik pop punk. Amarah, suka, duka, frustasi, gitu kan... kayak bisa tersalurkan gitu... dengan musik pop punk dan feedbacknya positif gitu. Yang asalnya mau marah-marah ke orang tua gitu, terus lagu Simple Plan yang perfect ngeplay di MTV, jadi bisa lebih gimana ya, kalem lah dan rada ngeplong, kayak ada sebuah sosok yang bisa mengerti gitu dan menyadarkan bahwa, "eh lho gak sendiri loh.".

Nah itu sedikit cerita. Dan kemudian berhubung ada kuota unlimited Youtube dari Indosat, makanya beberapa waktu lalu gue iseng-iseng searching lagu-lagu pop punk yang videonya pernah gue tonton di MTV dulu. Ok tanpa panjang lebar, ini 5 video band pop punk mainstream di tahun 2000-an.


1. Blink 182

Formasi lama Blink 182 1992-2005

Percaya gak kalau band ini ga pernah kehabisan fans? Gue sih percaya. Dan omongan gue bukan cuman omong kosong, statistik Spotify mencatat ada sekitar 8 juta pendengar Blink 182 sebulannya. Gila gak tuh. Subscribernya di Youtube mencapai 1 jutaan. Sadis.

Ok buat yang belum tahu, dulu pas gue SMP, formasi Blink 182 diisi oleh Travis Barker (drum), Tom DeLonge (Gitar) dan Mark Hoppus (Bass). Mereka masing-masing jga keren dengan punya side project masing-masing seperti Box Car Racer, Angel and Airwaves (Tom) dan +44 (Mark). Namun dulu kalau gak salah pas si AVA mulai naik tahun 2007-an si Blink 182 ini vakum dah, dan gue gak pernah ngikuti lagi perkembangannya seperti apa. Yang jelas wkatu itu Tom udah keluar band karena muncul lagu dan video Not Now yang temanya perpisahan Tom banget lah.

Eh tahu-tahu 2016 mereka ngeluarin album California. Dan setelah cek and ricek si Tom baru resmi keluar dari Blink 182 di tahun 2015 karena mereka ternyata reunian di tahun 2009 (ini gue persiapan UN jadi udah gak pernah denger lagu-laguan lagi). Dan yang lebih kaget, ternyata gitaris Alkaline Trio, Matt Skiba masuk jadi personel Blink 182. Banyak banget yang gue baru tahu lagi.

Matt Skiba bergabung Blink 182

Ok kalau gue inget-inget dulu video Blink 182 yang sering di play di MTV ada, si Stay Together For The Kid, sama Not Now. Nih videonya...


Ini yang Not Now yang gue rasa jadi penanda perpisahan (sementara) Tom De Longe, pas 2005.


2. Green Day


Green Day jaman American Idiot selalu menghiasi layar MTV

Dari pagi, siang, sore sampai malem kayak di tahun 2004-2009 an itu gak pernah lepas dari video klipnya Green Day. Tau Green Day emang rada telat sih, karena mereka famous gue masih SMP. Sementara mereka sendiri udah band-band-an sejak 1986. Belum lahir tuh gue.

Dulu VJ Cathy di sela-sela dia bawain acara suka ada cuplikan lagu mereka, American Idiot ama Holiday. Dan reaksi gue biasa aja sih. LOL. Karena gak paham lagunya juga waktu itu.

Sampai satu ketika mereka ngeluarin video klip Boulevard of Broken Dreams sama Jesus of Suburbia... Di sini mata gue mulai melirik band pop punk rock senior ini. Menurut gue Trio  Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool keren banget di lagu-lagu itu belum lagi mereka ngeluarin Wake Me Up When September Ends. Makin suka nontonin video klip band ini.

Sampai beberapa waktu lalu, di tempat kerja gue kalau lagi stuck ngeplay lagu Jesus of Suburbia. Masterpiece banget. Orang bilang ini adalah Bohemian Rahpsodynya Punk Rock.

Dan yaah ternyata meski era berubah, Green Day masih berhasil menggaet penggermar, di Spotify sekitar 12 juta orang rutin mendengarkan lagu-lagu mereka secara bulanan. Saluuut.


Ok ini video yang membuat gue suka ama Green Day dan kadang masih gue pantengin sampe sekarang di Youtube, Jesus Of Suburbia! Oia ini short version ya.... yang long version dirilis 2005.


3. Sum 41



Mungkin sebagian kalian belum tahu band ini. Gue juga gak terlalu ngikutin sih perkembangan mereka, cuman terakhir gue dengerin album mereka yang Underclass Hero (2007). Cuman yang jelas wajah para personilnya sering menghiasi layar kaca dulu. Apalagi setelah si vokalisnya Deryck Whibley nikah ama Sk8ter girls queen Avril Lavigne di tahun 2006.

Nah di waktu-waktu itu video klip mereka Underclass Hero sama Walking Disaster beberapa kali lah nongol. Meski kalah sama frekuensi video klip Green Day ama Muse dan Linkin Park.

Oia kalau dengerin musik mereka itu ibarat kalau nonton film-film remaja Amerika era 2000-an gitu ada nuansa drama siswa jock, loser, cewek playgirl dsb yang pada akhirnya si loser ini punya happy ending.

Jujur gue cukup seneng ama lagu-lagu mereka, seperti Pieces, trus juga ada The Best Of Me, With Me, Speak of The Devil, Walking Disaster yang menurut gue cukup menyentuh sih liriknya.

Ok berikut video klipnya:


Dan ini Walking Disaster yang gue suka banget lagu dan videonya:


4. Good Charlotte



Ini sih band pop punk level Hollywood, soalnya emang gaulnya suka ama para artis gede  dan sama kayak kebanyakan band Pop Punk mereka pernah ngisi soundtrack film drama remaja. Bahkan duo kakak beradik Joel dan Benji Madden sekarang istrinya artis Hollywood.

Ini dulu sering banget di mainin di MTV. Seriiiing banget, makanya mainstream banget lah dulu si Good Charlotte ini. Buset dah ini mereka dulu trendsetter banget sampe ada temen gue yang setelannya pas foto kelas di SMP mirip Benji Madden. Gaya Gothic Emo Punk Mallcore Hot Topic lah haha. Bedanya serba lokal bajunya bukan beli baju band ori tapi bootleg di Prapatan Rebel. ^^.

Tapi meski identik dengan keglamoran, band ini kalau ditelaah lirik-liriknya humble juga sih. Curhat dari sisi gak enaknya jadi seleb, terus juga soal kehidupan sosial lah. Cukup peka juga sih.

Ok dulu video klip yang sering di puter di MTV itu ada I Just Wanna Live, We Believe, Keep Your Hands Off My Girl. Dari semua itu pas gue SMP, gue paling suka We Believe, karena seperti mempromote perdamaian dunia lah. Sama ada satu video klip yang belum pernah gue lihat di tv yaitu The Chronicles of Life and Death yang menggambarkan siklus kehidupan manusia yang singkat tapi harus dimaknai dan dilalui penuh syukur, seenggaknya itu yang gue tangkap pesannya dari video itu. Dan kedua lagu itu berasal dari album yang sama The Chronicles of Life and Death.

Good Charlotte - We Believe (2004)

.


Ini video Good Charlotte - The Chronicles of Life and Death (2004)



5. Simple Plan



Ini mungkin bisa menyamai Green Day, dalam satu waktu bisa seharian di puterin video klipnya di TV. Tapi emang lagu-lagu mereka catchy (ngepop) abis sih, yang memang ciri pop punk di antara sekian banyak sub genre punk. Dan itu bisa dilihat dari daftar band yang gue buat ini.

Selain itu emang dandanan mereka asyik-asyik lah, dan gak seurakan pop punk yang lainnya. Belum lagi lirik lagu dan video klip mereka termasuk ramah-ramah lah.

Awal gue tahu band yang divokalin Pierre Bouvier ini dari video klip mereka yang Welcome to My Life. Buset itu so 00's lah. Remaja gitu kan stuck, di kemacetan terus nyanyi yang lagu memang menggambarkan suasan hati mereka yang mirip situasi lalu lintas kala itu, macet.

Terus abis itu ada lagu Shut Up dan I'm Just a Kid yang ngerock banget ditambah David Desrosier nampangnya keren banget dulu. Emo Hot Topic banget, panutan pisan dulu pas SMA pernah pengen punya setelan begitu tapi mustahil diaplikasikan karena ada razia di sekolah.

Teakhir video mereka yang hits banget dan lagunya ada dimana-mana adalah Untitled dan Perfect. Buset, itu mah bukan video klipnya doang, lagunya aja sampai di puter di setiap Alfamart dan Indomart. Tapi emang sih lagu mereka mudah dicerna oleh khalayak jadi mudah mendapat tempat.

Gue sebenarnya mau masukin link lagu Shut Up, tapi yang ini aja deh, karena berasa banget atmosfir early 2000 nya:


Dan ini yang membuat mereka dikenal sebagai mereka:


Ok deh, kali ini gue gak bikin mixtape, capek juga cuy bikin mixtape. Apalagi koleksi lagu gue gak kumplit, gue gak punya album Simple Plan dan Good Charlotte, jadi males uy.

Sekian netijen budiman, gimana udah berasa jadi remaja tahun 2000-an belum?

Komentar

Postingan Populer