Mengenal Gaya Hidup STRAIGHT EDGE

STRAIGHT EDGE

Ada orang yang bilang SXE adalah sebuah paham, filosopi, atau pergerakan anak muda di kalangan musik bawah tanah, dalam menentang penggunaan drugs, rokok, alkohol, dan sex bebas. Sebuah paham yang benar - benar positif sama seperti paham jika kita orang muslim, yaitu untuk menjaga dan memelihara diri kita dari zat - zat racun yang dapat merusak diri kita baik secara fisik ataupun moral. Tapi menurut gue Straight Edge adalah sebuah atau salah satu cara bergaya hidup sehat.

Penganut SXE biasanya jengah akan keadaan di sekitarnya yang ia anggap merusak dan tidak sesuai dengan dirinya, sehingga ia merasa harus berbuat sesuatu agar dapat merubah lingkungannya ke arah yang lebih positif.

Nama atau label Straight Edge sendiri dicetuskan oleh Minor Threat band hardcore dari Washington D.C Amerika Serikat sekitar tahun 1980 lewat lagu mereka yang berjudul Straight Edge.

"I'm a person just like you
But I've got better things to do
Than sit around and fuck my head
Hang out with the living dead
Snort white shit up my nose
Pass out at the shows
I don't even think about speed
That's something I just don't need
I've got the straight edge"

Selain Minor Threat pergerakan ' anti racun ' inipun dilakukan oleh beberapa band hxc yang seera dengan Minor Threat seperti Teen Idles, SOA, SS Decontrol dan DYS.

The X'd up marks

Tanda X pada kedua tangan yang biasa dilukis oleh sXe kids memiliki makna sendiri, bukan merupakan style  belaka tapi lebih kepada penggambaran atas sumpah yang telah mereka pegang. Tanda X pada tangan berawal pada sekitar tahun 1980 saat Teen Idle dijadwalkan main di Mabuhay Garden, San Fransisco. Mengetahui bahwa personilnya masih dibawah umur minimum maka pihak manajemen club memberi tanda X pada kedua tangan mereka sebagai bagian dari kompromi, agar tidak memberi alkohol kepada para pesonil Teen idle. Perkembangan lebih jauhnya tanda X ini juga dipakai oleh Minor Threat saat mereka manggung, sehingga dalam beberapa tahun tanda ini cepat diasosiakan sebagai simbol Straight Edge.

Selain tanda X pada kedua tangan, adapun tanda 'XXX' tanda ini adalah hasil kreasi dari drummer Minor Threat, Jeff Nelson. berasal dari hasil karya seni yang dibuat oleh drummer Minor Threat yaitu Jeff Nelson, yang mana Jeff menggantikan tiga bintang dalam bendera Washington DC kampung halaman mereka menjadi X, Dengan analogi, hardcore punk kadang-kadang dipendekkan menjadi "HXC". Simbol ini dapat digunakan sebagai sebuah jalan untuk membedakan sebuah band atau seseorang yang menganut faham straight edge, dengan menambahkan huruf di depan dan belakang nama band, contoh band 'xFilesx'. dikutip dari Wikipedia.

Straight Edge Sebagai Sebuah Gerakan

Dalam perkembangannya sebagai sebuah gerakan, menurut gue Straight Edge  mengalami beberapa era karena bersamaan dengan berkembangnya skena musik Hardcore Punk, yang gue bagi ke dalam beberapa kategori berikut :

The Oldschool 

 
Era ini adalah era awal Straight Edge  sekitar pada tahun 1970 - 1980 an. Pada era inilah pelopor - pelopor SxE muncul seperti Minor Threat, SS. Decontrol, 7second, DYS, Uniform choice, dan Teen Idle. Gaya bermusik yang cenderung agresif, cepat, dan cenderung mirip orang sedang berorasi, menjadi hal yang tak bisa lepas dari band di era ini.

The Youth Crew

Era ini adalah perkembangan SxE tahap lanjut sekitar pertengahan 80-an ( 1981 - 1984 ), dimana scene - scene hardcore punk bersatu, dan Straight Edge sendiri mulai berubah, dan benar - benar menjadi  positive movement  di scene hardcore punk saat itu dan menjadi Straight Edge yang kita kenal pada saat ini. Pada era ini paham SxE banyak dianut remaja dan mulai menyebar luas di seantero Amerika. Beberapa band SxE pada era ini adalah Youth of Today, Bold, Side By Side, Gorilla Biscuits, Judge, dan Project X. Pada era ini terpresentasikan dalam lirik salah satu lagu Youth of Today yang berjudul Cant Close My eyes.

youth crew,
Youth of Today, Youth Crew from the Can't Close my Eyes
Me you youth crew!
If the world was flat I'd grind the edge
To the positive youth my heart I pledge
X on my hand now take the oath
To positive youth to positive growth
To positive minds, to pure clean souls
will be all my goals
Walk with me and my crew
There is so much shit we can do
And we won't stop until we're through

 Ada hal yang menarik yang terjadi di era ini, yakni munculnya strata baru dalam SxE, yakni Veganism ide ini muncul dari Youth of Today. Veganism adalah pergerakan dalam menyuarakan hak - hak hewan ( Animal Liberation ) dan merubah pola hidup dari meat and flesh eating , menjadi vegetarian ( mengkomsumsi sayur dan buah ). Dalam Ide ini juga terdapat beberapa tingkatan untuk menjadi seorang Vegan. Ide Vegan  ini termuat dalam lirik lagu " NO, More " YOT, dan Ray Cappo vokalis YOT lah yang paling gencar menyuarakan ide ini. Bisa dibilang inilah era keemasan scene hardcore punk dunia. Mungkin kah terulang?

The MILITANT 

Pada era inilah SxE mengalami masa surut sekitar tahun 1990. Disebabkan adanya pencemoohan dan penolakan dari scene - scene hardcore punk terhadap SxE, karena band - band SxE pada era ini bersifat lebih arogan, picik, mudah suudzan, minim toleransi, dan suka bermain kekerasan. Band - band SxE pada era ini adalah Earth Crisis, FSU, One King Down, Brother’s Keeper dan Strife. Penganut SxE militan juga biasa dipanggil Vegan Warriors karena begitu hardline-nya  mereka terhadap SxE. Musik yang sering dibawakan di era ini cenderung lebih keras, seperti metalic hardcore, progrresive, dan dengan suara vocal yang cenderung nge-growl.
Tapi tak semua band SxE di era ini berlaku sama seperti para Vegan Warriors, sekitar waktu yang sama mulai bermunculan band - band SxE yang tidak terlalu militant seperti Ten Yard Fight, In My Eyes ,Better Than A Thousands, Hands Tied dan Atari yang berusaha mengangkat kembali citra SxE seperti pada era Youth Crew.

The New School.
Saya menyebutnya begitu karena melihat dari tahun pergerakan SxE yang memasuki pada milenium baru yakni tahun 2000 hingga sekarang. Banyak sekali bermunculan band - band baru, naik dan turun, dan muncul dengan berbagai nama genre di hardcore. Terdapat beberapa band yang sanggup bertahan, tetap memelihara paham positif ini agar tetap hidup dan dengan suara - suara baru yang lebih fresh, tersebutlah beberapa nama seperti With Honor, Casey Jones, Champion, The Answer, Blue Monday, dll.

For all of my dearest moslem friends. Bagaimanapun positifnya SxE , mereka hanyalah sebuah gaya hidup, mereka buatan manusia, ada hal yang lebih baik bagi kita yakni agama, terutama Islam. jadi jangan terlalu mengagungkannya ya bro.

dikutip dari sumber, film, dan situs


Komentar

Postingan Populer