Tips Membeli Merchandise Band Ori







Buat kalian pencinta musik, baik musik populer atau indie, lintas genre, pasti mengetahui bahwa musisi atau band yang kalian sukai, menjual merchandise band. Biasanya mereka melakukan ini sebagai upaya untuk mencari pendapatan lain selain bermusik, menjual rilisan fisik (CD, Kaset dan piringan hitam) dan konser yang biasa menjadi sumber pendapatan utama. 

Nah tentunya sebagai fans sejati, membeli dan menggunakan merchandise orisinal (ori) adalah wajib! Sebab dengan menggunakan merchandise orisinal, berarti kalian sudah mendukung musisi favorit kalian untuk terus berkarya. 

Tentunya membeli merhc ori akan mudah banget ketika band atau musisi biasanya merilis merch mereka dan diumumkan melalui akun atau website. Kita bisa langsung beli ke manajemen si musisi atau band. Namun disini kita akan mengurai cara atai tips membeli merch diluar itu.

Adapun tips untuk membeli merchandise-merchandise orisinal tidaklah rumit. Tidak jauh berbeda ketika kita hendak membeli barang ori lainnya. Oia tips ini bisa berlaku buat tiap tipe merch tapi paling mustajab bila diaplikasikan ke merch yang berupa kaos/ tshirt.


Pertama yang harus diperhatikan ketika hendak membeli merchandise adalah dengan memerhatikan sellernya atau penjualnya. Buyer harus cermat dalam memerhatikan preferensi ataau tipe barang yang didagangkan si seller. 

Ada seller yang biasa menjual merchandise band/ musisi lokal, ada seller yang biasa menjual merchandise band/musisi impor (luar negeri) ada juga yang biasa menjual kedua genre, lokal dan impor. 

Kenapa harus tahu tipe-tipe penjual diatas, karena dalam satu case pernah kejadian seorang seller merchandise band lokal menjual merch ori band lokal tapi disisipin merch bootleg (bajakan) band impor. Hal ini harus dijadikan perhatian sebab ada saja potensi seller yang tidak jujur. 

Bahayanya ialah kerugian dari si buyer. Karena harus membayar harga ori tetapi dapat barang bootleg. 

Selain itu juga pernah ada satu seller merchandise band lokal yang memasukan merch band impor, tapi ternyata setelah transaksi barang yang dipesan tidak kunjung datang setelah satu minggu. Menurut seller barang yang dipesan belum datang dari pengiriman. Nah ini tandanya memang biasanya ada mekanisme pemesanan barang yang berbeda antara seller impor dan lokal. 

Selain itu dari pengalaman memang biasanya seller merchandise impor khusus menjual merchandise impor saja. Begitupula dengan yang lokal. Penyebabnya mungkin beragam, bisa pasar, pola transaksi dsb. 

Diluar sana ada banyak seller merchandise musik impor. Mayoritas biasanya masih menggunakan penjualan dengan cara online. Seller biasanya berada di kota-kota besar. Sementara untuk seller merch lokal selain menggunakan cara online biasanya banyak yang membuka offline store dan tersebar di kota-kota besar sampai kota kecil. 

Untuk seller merch lokal rekomendasi merch musik bisa ke Lawless Jakarta, Ommunium, Riotic, ESP Production, MerchCon, Maternal, Threefold dll. 

Untuk tau bagaimana pelayanan dan kredibilitas si seller hal paling mudah yang bisa dipakai adalah lihat rating atau follower dan komen di akun si penjual.


Kedua perhatikan bahan dan tag merchandise. Tag adalah yang paling mudah untuk mengetahui merch itu asli atau enggak. Tag menggambarkan darimana bahan yang biasa dipakai merch itu berasal. 

Biasanya tag- tag baju musik khususnya kaos jarang memakai brand sendiri. Mereka biasanya memakai bahan kaos jadi tanpa jahitan pinggir. Namun ada juga rilisan merch yang emang pakai tag orisinal rilisan bandnya. 

Tag-tag merk kaos yang biasa dipakai ialah FOTL (fruit of the loom), Anvil, AAA Alstyle, Tultex, Bay Island, Global, Gildan Heavy atau Softstyle. Ataupun tag merk orisinal official musisi, record label atau band terkait seperti 1,2,3,4 untuk Ramones, Bridge Nine  dan sebagainya. Ini semua biasanya standar yang dipakai untuk merch musik impor khususnya kaos.

Perlu diwaspadai, beberapa tag teretntu seperti Gildan, biasa juga dipakai oleh penjual bootleg.






Beberapa contoh tag merchandise.

Kalau merch lokal biasanya memakai bahan bahan kaos cotton combad 40/30s, berjahitan pinggir, dan tag disesuaikan dilihat dari official store, band atau record yang mengeluarkan merch itu. Namun ada juga yang sudah menggunakan seperti bahan dan tag merch musik impor(bahan kaos jadi), biasanya memakai Gildan atau New State Apparel. 

Ketiga, kerapihan. Ini berhubungan dengan jahitan, desain dan sablon. Biasanya kalau bootleg/ bajakan akan sangat kentara dari segi ukuran sablon dan teknik screen printing yang digunakan meski cuman dari gambar thumbnail atau preview.

Di era digital mudah banget ngambil perbandingan. Google aja merch yang kita pengen ke official store atau record atau band yang merch-nya ingin kita beli. Nanti akan keluar detail produk yang kita inginkan, tinggal bandingin deh ama merch yang bootleg. Akan langsung ketahuan bedanya.

Kalau biasanya seller merch impor di Indo ngambil produk dari impericon, hot topic, stars500 dll.

Keempat, lihat harga. merch impor untuk yang baru biasanya dijual di kisaran Rp 250-350 ribu tergantung asal si reseller. Sedangkan merch ori lokal baru, biasanya dijual setengah dari harga merch band impor, harga berkisar Rp 110-150 ribu. Nah kalau bootleg biasanya yang impor akan dijual sama dengan harga merch band lokal.

Kelima teliti platform berjualan. Biasanya seller merch ori baik lokal ataupun impor menggunakan akun instagram, facebook ataupun punya web sendiri dalam menjual produknya. Mereka jarang banget membuat akun olshop mainstream Indonesia seperti Tokopedia, Shoppee, Lazada, meskipun ada, tapi kalaupun buat biasanya mereka menjual produknya di Amazon, Kaskus atau Ebay.

Kalau menemukan kasus seperti penjual merch band ori impor di olshop seperti disebutkan diatas harus lebih teliti lagi sebelum bertransaksi.

Nah kelima tips tadi sudah bisa diamalkan bila memang mau beli merchandise musik orisinal. 

Keenam serial merch yang dikeluarkan. Ini sih biasanya berlaku buat kolektor-kolektor garis keras. Yang emang spend waktu hidupnya/ mengabdikan hidupnya untuk merch. Tapi buat noob kayak kita juga bisa dilakukan, caranya gampang tinggal googling juga. 

Ketujuh join forum atau komunitas. Hal ini berlaku bagi hobi apapun. Dengan berkomunitas akan banyak info yang didapat. Bergabung komunitas tidak harus di dunia nyata di medsos pun sudah banyak bahkan para seller pun akan banyak melakukan transaksi disana. Namun tetap komunitas di dunia nyata akan lebih baik. 

Oke deh sekian dulu tipsnya. Semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan Populer