Pemula, Yuk Main Skateboard ke Kalijodo

Pemula, Yuk Main Skate ke Kalijodo


Suasana Skatepark Kalijodo, Jakarta Barat.


Jakarta: Olahraga skateboard semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Usia anak-anak, remaja hingga dewasa muda menjadi fans olahraga ini.

Kendati terliha mudah, nampaknya susah-susah gampang belajar olahraga yang satu ini. Untuk itu sejumlah skateboarder profesional seperti Tony Hawk (Birdhouse) ataupun Aaron Kyro (Braille House) menyarankan bagi pemula untuk mengawali belajar di skatepark karena tersedianya fasilitas yang memudahkan untuk belajar dasar-dasar skateboarding.

Nah, bagi anda yang kebetulan tinggal di Jakarta, fasilitas untuk belajar skateboard cukup memadai. Ada beberapa skatepark yang cukup bagus untuk menunjang belajar bago pemula, salah satunya yaitu Skatepark Kalijodo.

Untuk diketahui Skatepark Kalijodo dulunya merupakan kawasan lokalisasi dan daerah kumuh.Namun di tahun 2017, Gubernur DKI Jakarta saat itu Bapak Basuki Tjahja Purnama atau lebih akrab disapa Ahok, merubah wilayah yang masuk di Kelurahan Angke Kecamatan Tambora, RT 007 dan 008 di RW 01, Jakarta Barat itu menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kalijodo.

Bagi pengunjung yang tertarik ke sana tidak dikenakan biaya masuk sedikitpun. Artinya pengunjung bebas menggunakan fasilitas yang ada namun tetap harus menjaga kebersihan dan ketertiban.

Untuk akses ke sana ada beberapa pilihan kendaraan. Bagi yang memiliki kendaraan pribadi bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Pengunjung nantinya hanya akan dikenai biaya parkir.

Tidak ada biaya masuk, pengunjung hanya dikenai biaya tiket parkir bila membawa kendaraan pribadi.


Bisa juga menggunakan kendaraan online, seperti Go Jek, Grab dan sebagainya. Ataupun bagi pengunjung yang berlokasi cukup jauh dari Kalijodo bisa menggunakan kereta komuter dan turun di stasiun terdekat seperti Stasiun Angke ataupun stasiun Kota. Selanjutnya beralih menggunakan armada angkot B02 tujuan Cengkareng, lalu turun di kantor Kecamatan Tambora.

Alternatif selanjutnya bisa menggunakan armada Busway. Dikutip dari Kompas.com, terdapat tiga bus wisata tingkat yang dioperasikan untuk rute Balai Kota-Kalijodo dalam satu hari.

Bus wisata ini melewati rute Balai Kota-Sarinah-Tosari-masuk Tol Semanggi dan keluar Tol Pluit Tomang-Kalijodo. Untuk arah sebaliknya, dari Kalijodo masuk Tol Pluit Tomang-keluar Tol Semanggi-Tosari-Bundaran HI-Sarinah-Balai Kota. Bus ini beroperasi mulai pukul 11.00 hingga 19.00 WIB setiap Senin hingga Jumat. Lalu pukul 09.00 hingga 23.00 WIB pada Sabtu, dan 12.00 hingga 19.00 WIB pada Minggu.

Selain skatepark di Kalijodo terdapat wahana lain yang bisa dinikmati pengunjung dan keluarga. Seperti wahana taman bermain anak yang menyediakan dan menyewakan beragam permainan serta booth-booth yang menyediakan makanan dan minuman. Fasilitas pendukung seperti mushola dan toilet juga lengkap dan terawat.

Untuk skateparknya sendiri termasuk masih terawat meskipun sudah mulai timbul retakan-retakan di lantainya. Meskipun demikian, skatepark tersohor di Indonesia ini adalah wajib masuk ke daftar tempat belajar main skate bagi pemula.




Karena selain tersedianya fasilitas yang cukup lengkap seperti terdapat ramp, bowl dan rail, skateboarder lokal di sana pun ramah-ramah dan dengan senang hati berbagi ilmu kepada pemula. Jadi tunggu apa lagi?



Komentar

  1. kalo kursus skateboard buat anak2 dimana ya ?
    berapa harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, gan sudah berkunjung. Kalau untuk di Kalijodo, sepengalaman saya tidak ada yang buka kursus skateboard gan, cuman kalau mau main atau mengajarkan anaknya bisa aja ajak langsung ke lokasi nanti di sana banyak kok yang mau berbagi ilmu atau mengajarkan basic skateboarding. Tapi, kalau mau lanjut pro mungkin bisa digali lagi informasi di sana.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer