Instagram Diblokir Karena Pakai Psiphone Pro, Berhasil Normal Kembali


Jadi, awal mulanya paket internet unlimited M3 Indosat mendadak lemot karena batas kecepatan FUP (Fair Usage Policy: CMIIW) melebihi batas wajar pemakaian. Meski sudah diisi ulang internet belum kembali ke kecepatan normal. Sempat meminta bantuan operator via Twitter juga nihil hasil. Akhirnya Googling dan disarankan memakai Psiphone Pro untuk mengelabui FUP ini.

Setelah install, dan seterusnya ... kecepatan internet memang jadi super lancar. Youtube lancar, gaming asyik dan medsos juga kembali normal. Tapi, pas mencoba untuk nge-like salah satu postingan instagram tiba-tiba muncul akun diblokir. WTF?!

 

Langkah otomatis yang dilakukan adalah melapor. Ke pihak Instagram. Fine gue tunggu sehari dan no respon. Kesel akhirnya gue cari-cari cara di Google dan gak nemu yang pas dan teknis harus apa aja atau harus pakai apa. Namun, di antara tulisan itu ada yang menyarankan supaya mengganti IP Address. Lah tapi kan Psiphone juga sama? 

Awalnya sempet ragu, tapi iseng-iseng gue akhirnya coba download applikasi VPN yang lain. Ada banyak opsi, tapi kali ini gue pakai Thunder karena ukuran apps-nya kecil cuman 5 MB -an. Lalu, setelah terinstall, selanjutnya gue matikan Psiphone Pro. Gue lalu coba connect ke VPN-nya Thunder.

Coba lagi buka IG dan voila.... Akun gue kembali normal. Tidak ada lagi pemblokiran. Ternyata langkah untuk mengganti VPN ini berhasil.

Dari sini gue mikir, sebetulnya kenapa ya? Padahal kan kedua apps sama-sama men-cover IP dengan IP luar tapi Psiphone dicurigain sama Instagram. Hmmm... pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh anak Teknologi dan Sistem Informasi kayaknya. 

Sekian pengalaman gue. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer