Habis Lulus Sekolah, Ngapain???


Buat kalian yang baru menyelesaikan pendidikan tingkat lanjutnya seperti, SMA, MA dan SMK, pasti selalu dihadapkan dengan pertanyaan ”Habis lulus sekolah ngapain ya??”.
Ini pun adalah pertanyaan yang sempat hinggap dibenak saya saat saya baru lulus SMA.

Dalam tulisan ini saya ingin sharing dengan kalian soal kegelisahan yang sama setelah lulus harus ngapain dan apayang gue lakukan buat ngatasin itu semua. Okey then, let see...

1. Mulai fokus pada rencana hidupmu
Maksud saya adalah sewaktu SMA atau SMK dulu pasti kamu pernahlah berpikir tentang cita – cita kamu jadi apa. Nah, saat lulus sekolah inilah saatnya kamu mulai menjejaki langkah – langkah yang kamu tentukan untuk menggapai cita – cita tersebut. Jika kuliah maka kuliahlah, dan yang bekerja maka bekerjalah. Yakinkan dalam hati bahwa kamu insyaallah dapat menggapainya, dan ber –istiqomahlah.

2. Jangan buang waktumu !
terlalu berharga jika kamu menyiakan waktumu untuk suatu hal yang belum pasti. Maksud saya disini adalah ada seorang yang terlalu idealis dengan pilihannya, misalnya ia ingin kuliah di PTN negeri tapi saat ujian saringan masuk PTN itu ia gagal dan berencana untuk mengikutinya tahun depan, saya sarankan jangan, jika memang ingin kuliah kuliahlah dahulu karena perguruan tinggi swasta pun kualitasnya sudah bagus sekarang. Kalau ada yang masih kekeuh juga, tak ada salahnya untuk mencoba bekerja dalam hal ini saya sarankan untuk “pilih  - pilihlah dalam bekerja” dan ambillah ilmunya dibandingkan materinya. Maksud saya, ketika masih fresh graduate insyaallah banyak instasi yang menginginkan kita, oleh karena itu jangan batasi pada satu bidang pekerjaan. Jika jenuh tak ada salahnya pindah dan pilih pekerjaan yang lebih baik. Belajarlah tentang etos kerja pada masing – masing tempat, dan jangan lupa untuk belajar lagi pelajaran sekolah sebagai bekal untuk ujian saringan masuk tahun depan.

3. Mulailah bersosialisasi
Seringkali ketika sekolah dulu kita mengabaikan sosialisasi dengan masyarakat sekitar rumah, karena keterbatasan komunikasi dan kesibukkan kita bersekolah. Nah, karena telah lulus bersekolah tentunya waktu senggang yang kita miliki akan lebih banyak, manfaatkanlah untuk memperbaiki sosialisasi terhadap tetangga, teman jauh ataupun sodara jauh kita, bisa dengan cara, tebarkan senyum, salam, dan sapa,  rajin bersembahyang ke tempat ibadah, rajin mengikuti hal – hal berbau aktifitas sosial seperti kerja bakti, dll, serta jangan mahal untuk berkunjung  ke rumah sodara atau teman jauh.

4. Mulailah proses pengembangan dan perluasan potensi diri
Seperti yang saya tulis di atas tadi, setelah lulus, waktu luang yang kita miliki tentunya jauh lebih banyak nah disini waktunya kita mengembangkan  dan memperluas potensi diri, yang saya maksud memperluas potensi diri ialah menambah ragam potensi yang ada diri kita dengan skill baru, misalnya kita hobby bermain musik, selain aktifitas nge-band, tentunya kita bisa perluas lagi potensi diri kita dengan skill baru seperti membuat merchandise band, membuat sticker band, memperbanyak relasi, aktif dalam komunitas, dll.

5. Mulailah memperdalam agamamu
Perjalanan kehidupan pasti akan menuntunmu pada hal ini, insyaallah kita semua berada dalam naungan-Nya. Mulailah rajin membaca kitab dan dalami isinya, dan amalkan dalam perbuatan sehari - hari. Jangan lupa sembahyang dan jangan lupa berdo’a. Beristiqomahlah di jalan-Nya.


Mungkin itulah sebagian pengalaman yang bisa saya share di blog saya ini, intinya mulailah isi masa - masa remaja akhir mu ini dengan hal - hal yang bermanfaat yang bisa berguna untuk masa dewasa kita kelak, bagaimanapun kita pasti menjajaki usia dewasa kan?. Pokoknya jangan sampai masa keemasan ini terbuang sia - sia dengan melakukan aktifitas yang kurang bermanfaat. Tulisan ini berdasarkan pengalaman asli saya sebagai manusia. Hoho.


Komentar

Postingan Populer