Illuminator School : Lawan dengan karya!

Buku Koleksi Pribadi hasil silaturahmi di Illuminator
Okay kali ni w mau cerita tentang salah satu komunitas kreatif yang pernah gue ikutin selama gue kuliah (untuk ngisi waktu kosong) dan hingga mungkin hingga hari ini saat w masih menjadi “freeter” (istilah baru diambil dari bahasa asing yang artinya pengangguran banyak acara) Hehe. Masih nyambung kok dengan salah satu tulisan yang w pernah tulis, dan mungkin salah satu bentuk w mengaplikasikan salah satu ide yang w pernah tulis tentang Habis Lulus Ngapain?

Okay komunitas kreatif ini gue ikutin ini adalah salah satu komunitas yang aktif di bidang gambar menggambar, w ikutan komunitas ini karena w kebetulan hobi juga menggambar. Perlu kalian ketahui bahwa ada banyak komunitas kreatif di bidang menggambar yang berkembang diluar sana, khususnya di Kota Bandung. Namun baru satu komunitas yang bener-bener w ikutin, komunitas yang w ikutin ini namanya “Illuminator School”.

Sejarah singkat:



Ilustrasi dua pengajar aktif Illuminator School "Mang Dinan & Mang Ridwan"

Illuminator School pertama kali didirikan oleh Mang Dinan (Dinan Art) pada tanggal 11 Juli 2009 di Common Room Jl. Kyai Gede Utama No. 8 Bandung. Lambat laun komunitas ini berkembang dari hanya sekedar wadah tempat berkumpul ilustrator metal di Bandung kini sudah menjadi pusat kajian industri musik metal di Indonesia.

Hal ini dikarenakan seringnya Illuminator membuat acara dan kegiatan yang keren dan menarik terutama kegiatan yang mengexplore sisi lain dunia musik metal dan industri di dalamnya (dari artwork hingga merchandisingnya), dari scene lokal hingga internasional.

Adapun beberapa kegiatan yang pernah illuminator laksanakan ialah:

  • Illuminator artwork exhibition 2010 (bertempat di Gallery Padi)
  • Illuminator bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung membuat workshop dan eksibisi industri kreatif di bidang merchandising dengan tema “Erase, Destroy & Improve” tahun 2011 (bertempat di common room)
  • Illuminator artwork exhibition 2012 “Goremagedoon” (bertempat di Fourspeed Parlor)
  • Illuminator artwork exhibition 2013 “Doomination” (bertempat di Gedung Indonesia Menggugat, Kota Bandung)
  • Illuminator artwork exhibition “Back in Black” (Black Spot Cafe) dan “Secret of Delusi” (Gedung YPA Kota Bandung) 2014
  • Illuminator Road Tour 2015 Madiun –Jogja – Semarang – Bali.

Selain acara pameran artwork Illuminator juga aktif melakukan acara amal seperti Metal Santun dan juga acara-acara serupa yang sifatnya bekerja sama dan memberdayakan sesama komunitas yang menghidupi scene metal dan musik di Kota Bandung seperti Festival Kaset Bandung, Sablon fest dsb.

Flashback kenapa w bisa tau dan ikutan, pertama w memang seneng banget sama scene musik indie dan underground baik lokal dan internasional, selain itu w juga orangnya seneng dan kebetulan bisa sedikit menggambar, akhirnya salah satu teman tukang sablon ngenalin w sama komunitas ini melalui media sekitar tahun 2012. Lepas dari itu w belum langsung ikutan, w baru ikutan sekitar akhir taun 2013an waktu itu w gabung ke course-nya alias sebagai murid di tempat les illuminator school. Waktu les w diajarin basic menggambar dari mulai ekspresi, anatomi manusia, shading dan teknik menggambar ilustrasi manual belum ke digital. Adapun pengajar aktif atau pengurus aktif adalah dua mamang terbaik yaitu Mang Dinan Art dan Mang Ridwan "Bulldog" Nugraha.

Seiring berjalannya waktu status yang asalnya murid berubah menjadi kawan dan rekan hehehe seenggaknya gitu sih anggapan w. Ketika kumpul sering banget dapat kenalan baru dan ilmu baru, syaratnya ya asal dateng kalo lagi ngumpul dan jangan malu bertanya, meskipun seringnya w tipe yg shy-shy cat sih. Haha

Btw buat yang bertanya-tanya kenapa sih judul tulisannya illuminator school : lawan dengan karya! Ini dikarenakan tagline ini merupakan sebuah ungkapan spirit yang menurut w keren banget. Kenapa? karena tagline ini menggambarkan jiwa petarung yang bagaimanapun kondisi kehidupan lu, lu harus tetap semangat dan tanpa basa-basi hajar balik kehidupan yang telah membuat lo kecewa dengan menunjukan hal yang positif melalui hal yang bisa kita perbuat walaupun sekecil apapun, karya apapun, termasuk gambar.

Okay buat yang mu nanya kemana tempat lesnya? Keknya mand Dinan dan Mang Ridwan vakum dulu sementara karena berhubung Common roomnya juga udah close contract sekitar taun 2015 an, jadi emang rada susah buat nyari tempat buat ngumpul sekarang. Tapi tenang secara media sosial illuminator school aktif banget dan sudah punya ribuan pengikut, kalo mau gabung dan cari informasi lebih soal komunitas ini gabung ae kesini Illuminator School Facebook Group .


Sekian dulu kali yah. Cyao!

oia untuk referensi artikel tentang illuminator bisa cek di:

DCDC news Illuminator School
Koran Tempo 2011 Illuminator School


Quote “They can't stop us, Let 'em try, For Heavy Metal, We will die!” - Manowar


Komentar

Postingan Populer