Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Tersiram Air Panas



Tersiram air panas, sesuatu kecelakaan yang biasa dianggap ringan tetapi bila tidak tahu cara penanganan pertamanya bisa menjadi hal yang cukup fatal.

Di sini saya coba memberikan beberapa tips penanganannya berdasarkan pengalaman pribadi.

- Setelah tersiram air panas, rendam sebentar bagian yang tersiram air panas dengan air segar sekitar 5- 10 menit. Jangan direndam terlalu lama karena bisa mengakibatkan kulit menggelembung.

- Keringkan, dengan handuk steril atau  kain kassa (akan lebih baik dengan kain kassa).

- Lalu setelah itu olesi dengan salep luka bakar atau jika tidak ada, anda dapat menggunakan daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih, VCO, sabun colek, ataupun pasta gigi (untuk beberapa alternatif yang saya sebutkan ini masih kontroversi karena tidak dianjurkan oleh ahli kesehatan, sedangkan menurut ibu saya boleh.)

- Diamkan dan biarkan, jika rasa sakit belum juga reda setelah satu atau dua jam, alangkah baiknya segera dibawa ke dokter atau unit kesehatan setempat. Biasanya akan dibersihkan lukanya menggunakan air NaCl. Bila air sudah terlanjur masuk ke luka dan membuat luka menggelembung dokter akan menusuk sedikit menggunakan jarum steril. Baru setelah penindakan pasien akan diberikan obat minum dan diberikan salep luka bakar untuk mempercepat proses penyembuhan.

Penanganan yang cepat dan tepat guna, lebih baik daripada terus mengomelinya. ahaha.
diilhami dari kisah nyata yang saya alami 1 April 2012.

Semoga dapat membantu.

Komentar

Postingan Populer